Minggu, 16 Mei 2010

Persib Juara Liga Super U-21




BANDUNG--MI: Persib Bandung U-21 menjuarai Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010 setelah mengalahkan juara bertahan Pelita Jaya 2-0 (1-0) pada final yang berlangsung di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Minggu (16/5).

Gol kemenangan yang menentukan "Maung Muda" jadi juara dicetak gelandang Munadi menit ke-8 melalui titik penalti. Gol kedua dicetak melalui sundulan pemain pengganti Budiawan menit ke-90.

Partai final yang berlangsung di Bandung itu ditandai dengan keluarnya dua kartu merah untuk pemain kedua tim yakni kiper Riqi Nugraha (Pelita) menit ke-6 dan Rudi Geovani (Persib) yang menerima kartu merah setelah mendapatkan dua kartu kuning.

Sukses Persib U-21 menjadi juara LSI 2010 U-21 disambut sukacita ribuan penonton yang memadati tribun VIP Stadion Siliwangi. Gelar tersebut merupakan gelar pertama Persib Bandung U-21 di saat tim Bandung itu tengah sepi prestasi juara.

Pelita Jaya yang merupakan juara bertahan LSI U-21 tahun lalu, kali ini harus menyerah dari Persib yang juga berasal dari satu grup saat babak penyisihan.

Selain menempatkan Persib sebagai juara dan Pelita Jaya sebagai runner up, kompetisi itu menempatkan striker muda Persipura Lukas W Mandowen menjadi top skorer setelah mencetak 12 gol sepanjang kompetisi tahun ini.

Sementara proses terjadinya gol Persib di bawah menit ke-10 awal petaka bagi Pelita Jaya yang sebelumnya kehilangan kiper Riqi Nugraha yang dikartumerah setelah mengganjal striker Sigit Hermawan.

Munadi yang menjadi algojo menaklukan kiper Bayu yang menggantikan kiper Riqi Nugraha setelah Pelita menarik penyerang Riyandi untuk memberi tempat bagi kiper penggantinya itu.

Meski memimpin dan unggul satu pemain, Persib kesulitan menambah gol. Bahkan sempat mendapat tekanan dari Pelita melalui Andri Kurniawan dkk.

Beberapa kali kiper Rizki Subagja harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari serbuan tim asuhan pelatih Jajang Nurjaman itu.

Bahkan ketika babak kedua baru berjalan semenit, Persib harus kehilangan Rudi Geovani yang mendapatkan kartu merah setelah mendapat kartu kuning kedua karena dianggap melakukan diving di kotak penalti Pelta Jaya.

Kondisi lapangan yang licin menguras stamina pemain kedua tim yang sesekali menampilkan permainan keras.

Bahkan kiper Persib Rizky Subagja terpaksa harus diganti menit ke-70-an karena mengalami cedera. Rizky diganti kiper Cecep yang tak kalah tangguh mengawal gawang Maung Muda.

Pada menit ke-72, pelatih Persib Mustika Hadi mengganti Sigit Hermawan dengan Budiawan yang cukup efektif.

Pemain pengganti tersebut menambah kemenangan Persib menit ke-90 setelah menyambut umpan Munadi dan tandukannya menembus gawang Pelita, kedudukan 2-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Selain mengeluarkan dua kartu merah dan dua kartu kuning. juga mengganjar kartu kuning kepada Dudi Supardi (Persib). (Ant/OL-7)

http://www.mediaindonesia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar